Rabu, 18 Februari 2015

Software Praktikum Matematika FKIP UM Mataram

Terdapat 10 Software/Program Komputer yang akan diberikan kepada setiap mahasiswa Prodi Matematika FKIP UM Mataram. Software ini diberikan sebagai skill tambahan sekaligus penyeimbang materi kuliah yang sudah diperoleh di bangku kuliah. Di samping itu, sebagai ciri khas setiap lulusan Prodi Matematika untuk dijadikan kemampuan multitalenta ketika terjun ke lapangan kerja baik di lingkungan pendidikan maupun design aplikasi.


Software / Program
Deskripsi
Microsoft Office
Digunakan dalam praktikum ICT. Diharapkan mahasiswa mampu menguasai Microsoft Office sebagai kemampuan dasar dalam membuat laporan, makalah, proposal, dan skripsi. Akan diperkenalkan Ms Word, Ms Power Point, Ms Excell, dan Ms Publisher.
Borland Delphi
Diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan materi matematika (Aljabar, Geometri, Kombinatorika, Teori Bilangan, dan sebagainya) ke dalam bahasa pemrograman Delphi. Program ini diberikan sebagai prasyarat untuk lebih menguasai MK Dasar-dasar Pemrograman Komputer, Komputer Lanjut, dan beberapa MK berbasis matematika lainnya.
Adobe Flash
Diharapkan mahasiswa mampu membuat media pembelajaran matematika yang menarik, komunikatis dan menyenangkan. Program ini diberikan sebagai prasyarat untuk lebih menguasai MK Workshop Matematika.
Photoshop
Sebagai skill tambahan bagi mahasiswa dalam bidang aplikasi desain yang berguna untuk mendesain gambar, mengedit image grafis, dan mengolah foto digital.
Linier Programming (QM)
Diharapkan mahasiswa mampu menguasai teknik komputasi untuk menyelesaikan permasalahan program linier. Program ini diberikan sebagai prasyarat untuk lebih menguasai MK Program Linier atau Riset Operasi.
Maple
Diharapkan mahasiswa mampu menguasai konsep aplikasi matematika di bidang Aljabar dan Geometri. Program ini diberikan sebagai prasyarat pendukung untuk lebih menguasai MK Kalkulus, Pengantar Dasar Matematika, Persamaan Diferensial, dan sebagainya.
Matlab
Diharapkan mahasiswa mampu menguasai teknik komputasi dalam menyelesaikan permasalahan lebih kompleks yang tidak bisa diselesaikan secara analitik. Program ini diberikan sebagai prasyarat untuk lebih menguasai MK Metode Numerik, termasuk dalam MK Workshop untuk media pembelajaran berbasis IT.
SPSS
Diharapkan mahasiswa mampu menguasai teknik analisa data kuantitatif baik korelasi, regresi, komparasi, dan sebagainya khususnya digunakan pada saat menyusun Skripsi/Tugas Akhir. Program ini diberikan sebagai prasyarat untuk lebih menguasai MK Metode Statistika, Statistika Matematika, dan Metode Penelitian Matematika.
Corel Draw
Diharapkan mahasiswa mampu menguasai teknik dalam membuat dan mendesain sebuah gambar, logo, brosur, poster, spanduk, dan sebagainya.
Blogging (Internet)
Diharapkan mahasiswa mampu membuat blog/website baik pribadi maupun institusi serta mengelolanya dengan baik melalui berbagai modifikasi design blog/website yang sudah dirancang sebelumnya.
Tugas Akhir Praktikum (TAP)
TAP adalah Tugas Akhir yang harus dilalui oleh setiap mahasiswa Prodi Matematika FKIP UM Mataram untuk membuat sebuah media pembelajaran matematika atau yang lainnya baik di bidang matematika, multimedia maupun internet, sebagai prasyarat untuk MK Skripsi/Wisuda.

0 komentar:

Posting Komentar