Rabu, 14 Januari 2015

UPT Pusat Bahasa UM Mataram

UPT Pusat Bahasa UM Mataram

V I S I
P3B UM. Mataram sebagai pusat belajar dan pelatihan bahasa bagi segenap civitas akademika UMM dan masyarakat umum
M I S I
  1. Menyediakan pelatihan/kursus bahasa kepada civitas akademika UMM dan masyarakat umum untuk menunjang peningkatan kualitas berbahasa khususnya bahasa asing
  2. Menyediakan pelayanan pengujian bahasa IInggris (tes TOEFL & TOEIC) kepada civitas  akademika UMM dan masyarakat umum
  3. Menyediakan layanan pelatihan peningkatan kualitas pengajaran bahasa baik bahasa asing maupun bahasa nasoinal dan daerah
  4. Melakukan penelitian pengembangan bahan ajar, metode dan perangkat pembelajaran untuk pengajaran bahasa inggris dan bahasa asing lainnya di UMM.


Pusat Pengembangan dan Pelatihan Bahasa pada awal pendiriannya bernama Laboratorium Bahasa yang merupakan sebuah unit yang berada di fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Mataram yang biasa digunakan sebagai tempat praktik listening atau mendengarkan. Seiring dengan tuntutan dan perkembangan kebutuhan masyarakat akademik dan umum maka Laboratorium Bahasa diubah namanya menjadi Pusat Pengembangan dan Pelatihan Bahasa Universitas Muhammadiyah Mataram pada masa kepemimpinan Bapak Asbah, M.hum dan Ibu Etika Aryani, M.Pd. UPT. dimaksud tidak lagi terbatas pada melayani latihan listening/mendengarkan tetapi lebih luas yaitu meningkatkan kompetensi berbahasa bagi semua kalangan civitas akademika universitas dan masyarakat umum baik bahasa asing maupun bahasa nasional, termasuk didalamnya melakukan penelitian dan kajian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa. Salah satu program rutinyang dilaksanakan yaitu program kursus toefl untuk semua mahasiswa baru. Jenis pelayanan lainnya yaitu, kursus, tes, terjemahan dan pelatihan kebahasaan.
Pusat Pengembangan dan Pelatihan Bahasa (P3B) Universitas Muhammadiyah Mataram dipimpin oleh seorang kepala dibantu seorang sekertaris dan beberapa koordinator dan staf sesuai kebutuhan tehnis. Kepala P3B secara langsung bertanggungjawab kepada Rektor Universitas Muhammadiyah Mataram.


PROGRAM DAN LAYANAN
Pusat Pengembangan dan Pelatihan Bahasa (P3B) memiliki berbagai kegiatan baik kegiatan yang dilaksanakan secara rutin maupun kegiatan tambahan lainnya sesuai kebutuhan pengguna layanan. Kegiatan yang dilaksanakan secara rutin yaitu pelaksanaan program pelatihan TOEFL bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Mataram yang dimulai pada tahun akademik 2011/2012. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan wajib bagi seluruh mahasiswa di semua fakultas. Kegiatan dimaksud dilaksanakan selama satu semester bagi setiap angkatan. Adapun kegiatan yang dilaksanakan sesuai kebutuhan pengguna layanan antara lain tes TOEFL Prediction, tes TOEFL ITP, dan TOEIC, baik bagi pihak internal kampus maupun pihak eksternal yang membutuhkan sertifikat dimaksud untuk keperluan studi lanjut dan/atau kepeluan lain yang relevan.
Disamping kegiatan dimaksud di atas, Pusat Pengembangan dan Pelatihan Bahasa (P3B) juga melaksanakan kegiatan kursus bahasa asing yaitu bahasa inggris semisal kursusTOEFL Preparation, English for Children, English for Conversation General English, danEnglish for Specific Purposes. Sasaran kegiatan kursus tersebut diperuntukkan bagi pihak internal dan pihak eksternal Universitas Muhammadiyah Mataram. Teknis pelaksanaan kegiatan kursus diatur sesuai SOP yang berlaku di Pusat Pengembangan dan Pelatihan Bahasa.
Pusat Pengembangan dan Pelatihan Bahasa (P3B) juga melaksanakan program English to Indonesia dan Indonesia to English translation semisal terjemahan abstrak dan makalah atau proposal. Untuk produk P3B juga menyiapkan referensiESP Handbook untuk semua mahasiswa di Universitas Muhammadiyah MataramProgram tersebut juga dimaksudkan sebagai usaha meningkatkan kualitas pengajaran bahasa inggris di masing-masing program studi agar lebih fokus sesuai bidang pokok program studi masing-masing.
Selain program tersebut di atas P3B juga melaksanakan kegiatan berupa seminar, workshop dan/atau pelatihan terkait penelitian dan pengajaran bahasa baik bahasa asing, khususnya bahasa inggris, nasional dan daerah.

FASILITAS P3B
1. Ruang Kerja Kepala
2. Ruang Laboratorium
3. Ruang Tutorial
4. Ruang Perpustakaan
5. Ruang Administrasi


0 komentar:

Posting Komentar